Nasyid Urang Kutai Loleng

Slide Urang Kutai Loleng

Widget Slideshow

Minggu, 11 September 2016

Kicak dan Lappon Makanan Khas Orang Kutai

Kicak

Sajian populer yang diminati Masyarakat Kutai ketika menjelang hari besar keagamaan dan hari besar lainnya adalah Jajanan Kicak dan Lappon. Jajanan ini biasanya disajikan kala acara Mbecakan. Jajanan ini seluruhnya memiliki bahan yang sama ketika dibuat, yang membedakannya adalah cara memasak dan menyajikannya.

Kicak dan Lappon terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula merah dan kelapa parut. Berikut adalah cara membuat Kicak dan lappon.

Menyiapkan tepung terigu sesuai dengan kebutuhan. Kemudian tepung terigu tersebut dipadatkan menggunakan Ranam Mhammong atau air hangat. Adonan tersebut dibuat menyerupai bentuk kelereng, ukurannya pun berbeda masing-masing Kicak dan  lappon. Untuk kicak lebih kecil dibanding lappon. Khusus lappon ditengahnya dimasukkan bongkahan kecil gula merah. Proses membentuk adonan tersebut dikenal dengan istilah Melengi. 

Cara Memasak Kicak adalah merebusnya dengan dicampur kuah kental gula merah dan kelapa parut. Sedangkan Lappon dimasak dengan cara mengukusnya. Cukup sederhana bukan ? Berikut kami tampilkan proses pembuatan Kicak dan Lappon.

Persiapan adonan

Air hangat, adonan dan Lewang

Gula merah untuk Lappon

Memasukkan gula merah ke adonan lappon

Lappon bergula merah

Melengi adonan

Adonan siap

Lappon siap saji

Kicak siap saji
















3 komentar: