Nasyid Urang Kutai Loleng

Slide Urang Kutai Loleng

Widget Slideshow

Sabtu, 10 September 2016

SMA Negeri 1 Kota Bangun Menjadi Finalis di Ajang Broadcasting School Fest 2016

SMAN 1 Kota Bangun di ajang Broadcasting School Fest Tenggarong


Berbagai macam prestasi berhasil dituai oleh SMA Negeri 1 Kota Bangun dalam waktu hampir bersamaan di akhir-akhir ini. Setelah berhasil menyabet
gelar Juara 1 Sekolah Sehat se-Kutai Kartanegara, kemarin putra putri terbaik SMA Negeri 1 Kota Bangun berhasil lolos ke babak 20 besar lomba penyiar radio di ajang Broadcasting School Fest di Tenggarong.

Setelah melewati proses audisi beberapa waktu lalu, akhirnya tiba pengumuman 20 finalis ke babak berikutnya. Acara pengumuman ini dirangkai dengan acara Workshop & Radio Announcer Competition. Pada Workshop ini, INRadio selaku pembuat acara mengundang pemateri-pemateri handal yang sudah berpengalaman di bidang Penyiaran. Sebut saja Ibu Lia Darusman, pemilik Radio ParasFM Samarinda. Dalam materinya, beliau memberikan pandangan bahwa di tengah menurunnya minat masyarakat terhadap radio, ternyata sarana siaran audio ini masih memiliki tempat di hati masyarakat. Beliau menyebut bahwa radio lebih fleksibel dari media lain, menikmatinyapun bisa sambil melakukan aktifitas lain, adapun kekurangan dari media ini merupakan tantangan dari pihak radio untuk berbenah, terutama Penyiar dan Program yang disajikan.
Ibu Lia Darusman, owner Radio ParasFM Samarinda

Di materi kedua lebih menyoroti tentang Etika Jurnalistik. Bapak Martinus Tindangen, Kepala Biro MNC media Kaltim, sebagai pemateri menyebutkan bahwa banyak pihak pers maupun penyiaran melanggar etika dalam mengutip suatu berita. Selain itu, elemen Cover Both Side banyak yang melanggar, bahkan privasi sumber berita tidak terjaga dengan baik. Pak Tino, sapaan akrab beliau, juga memaparkan bahwa dalam menyampaikan berita harus menggunakan bahasa yang efektif dan efisien, tidak ambigu dan tidak boros kata, sehingga informasi yang disampaikan bisa diterima dengan baik dan benar oleh masyarakat.
Pak Tino, Kepala Biro MNC Media Kaltim

Di materi terakhir disampaikan oleh owner INRadio, Bapak Danang Sigit Prasetya. Beliau menyampaikan bahwa dalam menentukan topik acara siaran haruslah dipertihatikan sisi Relevan, Important dan Useful informasi tersebut, Mas Pras menyebutkan ada Semboyan Mistis yang cukup populer di kalangan penyiar yaitu "Berbicara Kepada Sahabat". Walaupun yang dihadapi Penyiar ketika siaran hanyalah Mic dan alat lainnya, Penyiar haruslah mengahayati dan menganggap dirinya seolah-olah berbicara kepada sahabat saat menyampaikan informasi.
Mas Pras, Owner INRadio

Di akhir acara, tibalah acara yang dinantikan oleh peserta lomba, yaitu pengumuman siapa saja yang berhak melangkah ke babak berikutnya. Tak terkecuali perwakilan SMA Negeri 1 Kota Bangun, Rudi Adi Pradana, Lasti, Afipah Aprilia, Melinda dan Nur Hikmah. Raut cemas di wajah masing-masing tak bisa terhindarkan. Akhirnya terpilihlah Rudi, Melinda dan Afipah sebagai perwakilan SMA Negeri 1 Kota Bangun di babak 20 besar. Mereka berhak mengikuti final yang diadakan hari ini 11 September 2016 di Tenggarong. Walaupun berasala dari ulu mahakam, SMA Negeri 1 Kota Bangun optimis perwakilannya bisa melangkah lebih jauh, karena SMA Negeri 1 Kota Bangun BISA !!!
Perwakilan SMA Negeri 1 Kota Bangun













0 komentar:

Posting Komentar