Nasyid Urang Kutai Loleng

Slide Urang Kutai Loleng

Widget Slideshow

Sabtu, 20 Agustus 2016

SMA Negeri 1 Kota Bangun, Sekolah Rujukan Nasional

SMA Negeri 1 Kota Bangun Sekolah Rujukan Nasional

Setelah melalui proses yang begitu panjang akhirnya SMA Negeri 1 Kota Bangun terpilih sebagai sekolah rujukan Nasional. Dari belasan ribu sekolah di seluruh nusantara hanya
sekitar enam ratus sekolah yang dipercaya sebagai kepanjangan tangan maupun sebagai pelopor dan pelaksana program-program dari pemerintah pusat. SMA yang terletak di ulu mahakam ini menyisihkan sekian puluh sekolah yang ada di kabupaten terkaya ini. SMA Negeri 1 Kota Bangun adalah satu dari tiga sekolah yang ada di Kukar yang ditunjuk sebagai Sekolah Rujukan Nasional.

Pada hari Sabtu 20 Agusutus 2016 adalah langkah awal SMA Negeri 1 Kota Bangun melaksanakan tugasnya sebagai sekolah rujukan nasional yakni dengan mengadakan sosialisasi dengan berbagai kalangan Masyarakat tentang fungsi dan tugas Sekolah Rujukan Nasional. Selain mengundang beberapa sekolah imbas , SMA Negeri 1 Kota Bangun juga mengundang tokoh-tokoh masyarakat , tokoh pendiri sekolah Bapak H. Jumri Sanusi , pihak Kecamatan hingga Kepala Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara pun tak luput dari undangan.

Dalam sambutannya, Mister Li, sapaan akrab kepala SMA Negeri 1 Kota Bangun, Bapak Fadli Yulizannur, M,App,Ling menyatakan bahwa SMA Negeri 1 Kota Bangun merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah untuk sosialisasi setiap program pemerintah kepada sekolah imbas dan masyarakat. Beliau juga mengungkapkan 2 program pemerintah yang sudah dimulai oleh sekolah ini, yaitu Program Literasi Sekolah dan Sekolah Aman. 

Program Literasi Sekolah merupakan gerakan gemar membaca, mengajak semua kalangan khususnya anak usia sekolah untuk membaca buku, ini merupakan bentuk pencegahan ketergantungan anak terhadap gadget. Beliau juga menyatakan tentang sekolah Aman, sekolah bekerja sama dengan pihak guru, orang tua dan kepolisian untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Di akhir sambutannya, Mister Li, mengajak masyarakat untuk bekerja sama dengan sekolah dalam menghadapi lomba sekolah sehat tingkat provinsi setelah sebelumnya SMA Negeri 1 Kota Bangun menyabet gelar Juara 1 sekolah sehat tingkat Kutai Kartanegara.
Kepala SMAN 1 Kota Bangun memberikan sambutan


Kepala UPT Dinas Pendidikan Kota Bangun, Bapak Nasarudin Aflus, S.Pd turut mengaminkan pernyataan Kepala SMA Negeri 1 Kota Bangun, Beliau menambahkan bahwa kita bersama-sama memotivasi dan melayani sekolah sekitar untuk untuk sosialisasi program sekolah rujukan nasional. Tak ketinggalan pula dari pihak kecamatan yang diwakili Bapak Ahmad Dahlan, SH yang menyampaika rasa bangga dan terima kasihnya kepada seluruh warga SMA Negeri 1 Kota Bangun atas keberhasilan sebagai sekolah rujukan nasional.

Di penghujung sesi sambutan, tibalah sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara Bapak Wiyono,S.IP, M.Si. Beliau menyinggung tentang program literasi yang dilaksanakan sekolah rujukan nasional. Beliau menyebutkan bahwa menurut penelitian, Indonesia berada di peringkat 61 dari 63 negara yang diteliti tentang minat membaca. Sangat memprihatinkan, padahal dengan membaca bisa membuka wawasan setiap orang yang melakukannya. Dengan adanya Program Literasi sekolah ini, Beliau berharap bisa kembali menunmbuhkan minat membaca khususnya anak usia sekolah. Beliau juga memberikan motivasi kepada SMA Negeri 1 Kota Bangun dalam menghadapi lomba sekolah sehat tingkat provinsi, jangan pesimis, tetaplah berusaha sehingga SMA Negeri 1 Kota Bangun bisa mewakili Provinsi di tingkat nasional. Di penghujung sambutannya beliau mengapresiasi SMA Negeri 1 Kota Bangun sebagai sekolah pertama di Kutai Kartanegara yang melaksanakan Sosialisasi Program Sekolah Rujukan Nasional. Beliau jugalah yang dengan resmi membuka acara ini.
Sambutan Kepala Dinas Kutai Kartanegara

Tugas berat akan dihadapi SMA Negeri 1 Kota Bangun demi mesukseskan program ini. Sekolah ini juga mendorong sekolah-sekolah di ulu mahakan untuk bersama-sama menyongsong masa depan yang cerah. SMA Negeri 1 Kota Bangun bukanlah apa-apa tanpa kerja keras seluruh warganya, SMA Negeri 1 Kota Bangun menjadi sekolah pelopor di Kutai Kartanegara, karena SMA Negeri 1 Kota Bangun, BISA !!! MAJU BERSAMA, HEBAT SEMUA !.


5 komentar:

  1. Selamat kepada SMA Negeri 1 Kota Bangun. Semoga sukses menjalankan tugasnya...

    BalasHapus
  2. Tekad yang kuat n kerja solid berbuah karya, tapi ini baru awal, smoga kita bsa mlwati tantangan ini

    BalasHapus
  3. Aku bangga menjadi bagian dari SMANSA KOBA.

    BalasHapus
  4. Aamiin , semoga kita semua dikuatkan oleh Allah , , Maju Bersama Hebat Semua , :)

    BalasHapus