Nasyid Urang Kutai Loleng

Slide Urang Kutai Loleng

Widget Slideshow

Selasa, 12 Juli 2016

Penghimpunan dan Penyaluran Zakat, Infaq dan Shadaqah di Desa Loleng

BAZIS Desa Loleng

Memasuki bulan Ramadhan 1437 Hijriyah panitia Masjid berkonsolidasi dengan pihak pemerintahan Desa loleng untuk membentuk Badan Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah. Setelah bermusyawarah antar pengurus dengan Bapak Jumadi selaku Kepala Desa akhirnya terbentuklah BAZIS Desa loleng yang diketuai oleh Bapak Abiansyah, S.Pd.I. BAZIS ini bertujuan sebagai fasilitator ummat untuk menyalurkan dan merupakan kepanjangan tangan dari para Muzakki dan donatur untuk menyampaikan Zakat, Infak dan Shadaqah kepada para Mustahik atau mereka yang berhak menerima. 

Penerimaan Zakat, Infaq dan Shadaqah pada
tahun ini resmi dimulai sejak malam 20 Ramadhan. berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tempat penghimpunan dipecah menjadi 4 bagian. Pertama di Masjid Nurul Muqarrabin. Di tempat ini Bapak Abdul Jalil selaku Imam Masjid Nurul Muqarrabin memimpin para anggota Badan Amil lainnya seperti Bapak Partono, Achmad Djoehari dan lainnya dalam menerimakan Zakat, Infaq dan Shadaqah para Masyarakat. Di tempat kedua berada di Langgar Asy-Syifa. Bapak Misruni selaku komando memimpin Badan Amil lainnya seperti Bapak Hamdi, Pak Dafik dan Pak Udin dalam menerimakan Zakat. Di dua tempat lainnya berada di Desa Loleng I dan Loleng II, masing-masing Imam Masjidnya sebagai pemimpin dalam kegiatannya.

Setelah seminggu berjalan, antusiasme Masyarakat dalam berzakat semakin meningkat. Hal ini diiringi pula dengan pendapatan Masyarakat berupa THR dan gaji pokok setelah sebulan bekerja di salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit. Tak elak para panitia pun lumayan kewalahan, namun mereka tetap sadar ini merupakan tugas mereka, sisi Profesionalpun ditingkatkan. 

Pada akhirnya pendapatan BAZIS pada tahun meningkat ketimbang tahun lalu. Berikut perincian penerimaan Zakat, Infaq dan Shadaqah yang telah berhasil dihimpun oleh Masjid Nurul Muqarrabin dan Langgar Asy-Syifa : 


1.      PENGHIMPUNAN ZAKAT FITRAH BERUPA UANG DAN BERAS ,
ZAKAT FITRAH BERUPA UANG BERHASIL DIHIMPUN SEBESAR Rp. 16.415.500


ZAKAT FITRAH BERUPA BERAS BERHASIL DIHIMPUN SEBANYAK 249 GANTANG ATAU 622,5 KILOGRAM


2.      PENGHIMPUNAN INFAQ DAN SHADAQAH
INFAQ DAN SHADAQAH BERUPA UANG BERHASIL DIKUMPULKAN SEBANYAK      Rp. 2.920.000


INFAQ DAN SHADAQAH BERUPA BERAS BERHASIL DIKUMPULKAN SEBANYAK      52 GANTANG ATAU 130 Kg


JADI, TOTAL PENGHIMPUNAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH PADA BULAN RAMADHAN TAHUN INI ADALAH  Rp. 19.335.500 DAN 301 GANTANG ATAU 752,5 Kg BERAS.


ZAKAT , INFAQ DAN SHADAQAH YANG TELAH BERHASIL DIHIMPUN INI, TELAH DISALURKAN KEPADA 55 ORANG YANG BERHAK MENERIMANYA YANG MANA DI DALAMNYA TERMASUK BADAN AMIL.

Berikut beberapa Dokumentasi Penerimaan dan Penyaluran ZIS kepada para Mustahik : 
Penghimpunan ZIS berupa Beras

Imam Masjid Nurul Muqarrabin menerimakan Zakat Fitrah

Beras yang berhasil dihimpun

Dikeluarkan untuk kemudian ditimbang

Konsolidasi Pembagian ZIS kepada para Mustahik

Setelah ditimbang kemudian dikemas

Menghitung uang kemudian diamplop

Setelah siap, BAZIS Desa loleng bersiap menyalurkan

BAZIS Desa Loleng

BAZIS Desa Loleng

BAZIS Desa Loleng

Bapak Abdul Jamil menyerahkan ke mustahik (Bapak Mundal)

Bapak Partono bersama perwakilan Mustahik (Pak Mastur)

Pak Jurni bersama Mustahik

Pak Zainuddin menyerahkan ZIS kepada Mustahik

Diskusi Kecil kawan-kawan BAZIS

Pak Partono bersama Mustahik

Ibu Ernawati menerima ZIS

Pak Dafik bersama Mustahik

Pak Zainuddin bersama Mustahik

Pak Jurni bersama Mustahik

Pak Partono menyerahkan ZIS kepad Mustahik

Pak Dafik bersama Mustahik

Pak Dafik bersama Mustahik

Pak Dafik bersama Mustahik

Setelah disalurkan, BAZIS melakukan evaluasi
Demikian proses penghimpunan dan penyaluran Zakat, Infaq dan Shadaqah yang telah dilakukan BAZIS Desa Loleng hingga pada akhirnya sampai kepada tangan yang berhak menerimanya. Kami bersyukur kepada Allah SWT yang telah melancarkan kegiatan ini, kami juga berterima kasih kepada Bapak Jumadi selaku Kepala Desa Loleng yang telah menunjuk dan mempercayakan kami sebagai pelaksana penghimpunan dan penyaluran ZIS dan kepada Masyarakat Desa Loleng yang telah mempercayakan ZIS nya kepada kami. Kami memohon maaf apabila selama penghimpunan dan penyaluran terdapat kesalahan dan kekurangan, semoga Allah SWT mengampuni kita semua. Aamiin. 

0 komentar:

Posting Komentar